26 November 2008

Rasa percaya merupakan kunci langgengnya suatu hubungan asmara. Tanpa ada rasa percaya maka akan sulit menjalin hubungan yang kekal. Memang ketidakpercayaan disebabkan tindakan salah satu pasangan yang mengecewakan pasangannya sehingga sulit mempercayainya kembali. Tentu saja hal ini harus diperjuangkan atas kerjasama kedua belah pihak agar kepercayaan kembali didapatkan. 

Ketidakpercayaan yang berlarut-larut akan membuat masing-masing pasangan berusaha untuk menjauhkan diri dari pasangannya karena merasa tidak dicintai lagi oleh pasangannya. Saat anda merasa sulit untuk mempercayai pasangan, tunjukkan perasaan yang baik. 

Jika pasangan tidak percaya karena suatu hal yang masuk akal, janganlah anda paksakan untuk mempercayai anda. Cobalah yakinkan dan bantu pasangan agar dia lebih lega dan anda pun tidak kehilangannya. 

Apabila anda berpikir bahwa pasangan tidak akan mempercayai anda, cobalah jadwalkan waktu dalam sehari untuk cemas. Riset menunjukkan bahwa orang yang menyediakan waktu 15 – 30 menit sehari untuk pemikiran obsesif dapat lebih mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran tersebut akan kembali dalam waktu yang lain. Katakan pada diri anda bahwa anda akan memperhatikan pikiran tersebut pada saat yang lain dan teruskanlah pekerjaan anda.

Lakukan dalam sehari seolah-olah anda mempercayai pasangan. Bila pasangan anda terlambat pulang kerja 1 jam, tanyakanlah sebabnya dan bertindaklah seolah-olah anda mempercayainya. Tanggapilah setiap ketidakpercayaan anda dengan perkataan seolah-olah anda mempercayainya.

Coba lakukan latihan tersebut untuk menimbulkan perasaan lebih percaya pada pasangan anda. Berbaring terlentang dan minta tolong pada pasangan mengangkat kepala anda 1 atau 2 inch dari lantai. Bersikaplah santai dan biarkan ia menahan kepala anda tanpa bantuan sedikitpun dari anda. Pada saat inilah anda perlu percaya pada pasangan bahwa ia mampu menopang kepala anda. Ia akan tahu betapa sulitnya anda berusaha untuk mempercayainya sesulit dia mengangkat kepala anda.

Pasangan yang diberi kepercayaan lagi oleh pasangannya akan membuktikan bahwa dirinya dapat dipercaya dan akan lebih mengasihi pasangannya yang memberi kesempatan kedua baginya untuk berubah. Believe it or not, you can practice that with your couple.

0 Comments:

Post a Comment