30 Maret 2008

Masih ada kalangan yang belum mengetahui apa saja kategori dan jenis alat kontrasepsi yang tersedia. Berikut ini sedikit pemaparan mengenai jenis alat kontrasepsi dalam rahim atau yang dikenal dengan singkatan AKDR atau IUD.

AKDR adalah sebuah alat kecil terdiri dari bahan plastik yang lentur, yang dimasukkan ke dalam rongga rahim oleh seorang bidan/dokter terlatih. Sangat efektif, dan bila berhenti memakai AKDR, kehamilan dapat terjadi. AKDR ini merupakan cara KB jangka panjang.

AKDR tipe TCu-380 A misalnya, efektif paling sedikit selama 10 tahun. Masa haid dapat menjadi lebih panjang dan banyak, terutama pada bulan-bulan pertama pemakaian. Umumnya, perempuan akan mengalami sedikit ketidak-nyamanan setelah IUD dipasang.Jenis AKDR ini tidak ada pengaruhnya terhadap ASI. Seorang dokter atau bidan yang telah mendapat pelatihan khusus dapat memasangnya segera setelah melahirkan. Infeksi panggul akan cenderung menyerang pemakai IUD, terlebih lagi apabila si pemakai telah terjangkit penyakit menular seksual. IUD ini dapat keluar sendiri pada waktu mengedan, khususnya pada bulan-bulan pertama pemakaian, jadi sangat penting untuk memeriksakan talinya. Tidak dianjurkan digunakan oleh perempuan yang sedang mengidap PMS alias Penyakit Menular Seksual.

0 Comments:

Post a Comment